Sederhana Membuat Siomay Gubis untuk Pemula

Sejarah Siomay
Siomai atau somay merupakan satu diantara ragam kudapan. Pada istilah Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sedangkan dalam kamus Kanton disebut siu maai. Dalam bahasa Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Pembungkus siomai biasanya dibuat dari bahan dasar yang mirip dengan kulit pangsit. Jajanan ini konon lahir di kawasan Mongolia Dalam.



Siomay khas Indonesia
Siomay ialah model kudapan yang memiliki rasa yang unik serta memiliki tekstur empuk dan kenyal. Siomay yang familiar di Indonesia merupakan salah satu jenis jajanan yang lahir di tanah pasundan dan lebih tepatnya berasal dari kota Kembang hingga sering disebut dengan somay Bandung.

Makanan khas kota Bandung ini umumnya terbuat dari bahan baku daging ikan tenggiri dan beragam jenis ikan yang lainnya. Akan tetapi, untuk somay yang akan kami buat pada kesempatan ini adalah siomay yang berbahan dasar daging ayam yang dibalut dengan gubis sehingga acap kali dinamakan dengan somay ayam gubis. Somay ayam gubis memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dengan somay ikan.

Untuk tiap proses pembuatan dan teknik menghidangkannya pun mirip seperti somay ikan, yakni dihidangkan dengan guyuran sambal kacang yang gurih dan dilengkapi dengan kucuran air jeruk secukupnya.

Semua orang bisa membuat makanan lezat yang satu ini termasuk Anda. Somay ayam gubis dapat disajikan sebagai sajian keluarga tetapi dapat mengganjal perut yang sedang keroncongan.

Untuk menghasilkan siomay yang enak cek terlebih dulu bahan yang Anda manfaatkan adalah bahan yang benar-benar fresh dan bersertifikat halal.

Dengan memelihara kesegaran bahan yang kita gunakan, semoga saja kita bisa memperoleh berkah dari Tuhan YME.

Cara Membuat Siomay Ayam Gubis
Bahan-Bahan:
Daging ayam fresh yang giling 450 gr
Bawang putih yang sudah goreng kurang lebih 2 sdm
Tepung terigu sebanyak 125 gram
1 batang daun bawang selanjutnya potong tipis
Minyak goreng seperlunya
1 butir Telur ayam
Gubis secukupnya
Bahan Bumbu yang digiling:
2 siung bawang putih
Penyedap rasa 1 sdm
1 sdt garam
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sdt
Baca juga  Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sidat yang Baik Untuk Kesehatan
Bumbu untuk saos kacang:
Kacang tanah yang sudah goreng 250 gram
Kemiri 3 butir
Daun jeruk 2 lmbr
Bawang putih 2 siung
Air panas se perlu nya
Cabe merah besar 3 buah
Cabe rawit merah 10 biji
Gula pasir 1 sdm
Garam 1 sendok teh
Royko 1/2 sdt
Bawang merah 3 butir
Cara Membuat Siomay Ayam Gubis:
Siapkan minyak lalu tumis bumbu yang telah digiling sampai harum, angkat.
Aduk semua bahan dasar menjadi satu selain tepung dan telur
Giling bahan yang di aduk dengan food processor hingga tercampur merata, pindahkan adonan ke dalam tempat lain.
Campurkan tepung dan telur dengan bahan yang sudah diaduk.
Aduk dengan tangan sampai menjadi adonan somay yang pas.
Ambil adonan somay secukupnya dan masukkan ke gubis kemudian kukus sampai matang.
Sambil mendiamkan bahan siomay dikukus kita lanjutkan dengan membuat saosnya dengan cara mencampurkan seluruh bahan saos.
Giling bahan saos yang telah dicampur kemudian diamkan sejenak.
Tumis bumbu saos hingga matang, Angkat selanjutnya diamkan hingga dingin.
Angkat somay yang telah dikukus dan sajikan di atas mangkok saji.
Guyur somay dengan sambal kacang dan siap untuk dinikmati.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-siomay-gubis/

 Macam Manfaat Sosis Sayur

Sosis sayur merupakan makanan yang terbuat dari perpaduan sempurna antara daging dan bumbu-bumbu pelengkap lainnya sehingga menghasilkan taste yang khas dan unik. Selain itu daging yang biasa dimanfaatkan dalam pembuatan sosis sayur adalah ikan bandeng, daging sapi, daging ayam, domba, ikan dan babi.

Vitamin B12: merupakan vitamin yang terkandung di tiap makanan yang berasal dari hewan. Vitamin ini tidak terdapat pada tanaman kecuali yang mengalami sistem fermentasi saja, contohnya tempe atau sayuran yang telah difermentasi. Vitamin tersebut juga berfungsi dalam mengaktifkan struktur folat serta diperlukan dalam metabolisme sel-sel.

Amati penampilan kemasan sosis sayur. Jika terdapat selaput atau lendir tipis seperti susu disekitar sosis sayur, sebaiknya jangan membeli sosis sayur tersebut alasanya, kondisi ini mencirikan kalau sosis sayur yang telah rusak.

Sosis sayur memang bukan jajanan asli orang Indonesia, tetapi sangat populer di setiap sajian makanan Indonesia. Sosis sayur awalnya dibuat dengan tujuan untuk mengawetkan setiap makanan yang berbahan baku daging. Sosis sayur sendiri pertama kali diperkenalkan oleh orang Sumaria (sekarang Irak) pada tahun 300 SM.

Berikut beberapa Tips khusus dalam memilih sosis sayur yang baik.
Pilihlah sosis sayur yang memiliki masa kadaluwarsa yang masih lama dan simpanlah dalam lemari pendingin.
Pilihlah sosis sayur yang terlepas dari pewarna buatan, meskipun hal tersebut diizinkan oleh negara kita. Jika terlanjur membeli sosis sayur yang terlihat merah terang, baiknya urungkan niat untuk membeli kembali merk tersebut. Karena kemungkinan besar pembuat sosis sayur memanfaatkan pewarna dalam jumlah berlebih atau barang kali malah menggunakan pewarna non pangan.

Sosis sayur memang bukan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Lebih-lebih ketika kesehatan kita kurang baik.
Sosis sayur dan kebaikannya
Selain praktis dan tahan lama, sosis sayur ialah makanan yang memiliki kelezatan serta rasa gurih yang spesial. Inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa panganan ini tinggi sekali peminatnya di Indonesia.

Protein juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis sayur yang berkualitas harus mengandung protein minimal 13%, lemak setidaknya 25% dan karbohidrat setidaknya 8%. Jika standar ini tersedia pada tiap sosis sayur, maka dapat simpulkan bahwa sosis sayur adalah jajanan yang baik.

Baca juga  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Bisnis Kopi Luwak Anda Ingin Mendunia
Pada saat itu Jerman menjadi kiblat dari pengolahan sosis sayur, karena di negara tersebut sosis sayur termasuk makanan utama. Disamping itu, lebih dari seribu macam sosis sayur telah berhasil dibuat di Jerman.

No comments:

Post a Comment

Tips Cara Membuat Jus Apel Fuji yang Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Jus Supaya Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Pada Saat Dikonsumsi Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuma...