Tips Cara Membuat Jus Apel Fuji yang Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Jus Supaya Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Pada Saat Dikonsumsi

Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuman jus bikinan saya cita rasanya aneh? Tidak lezat, tidak fresh atau bahkan membuat perut mual (eneg). Padahal cara membuatnya sudah benar dan berbagai bahan juga sudah komplit. Apanya yang salah?

Tentunya Anda telah mengerti bila buah-buahan yang digunakan sebagai komponen utama olahan minuman jus mempunyai kandungan vitamin, nutrisi, gizi dan enzim.

Hal itulah yang menjadi alasan utama olahan jus buah menjadi salah satu minuman kesehatan yang disukai banyak kalangan. Selain rasanya yang nikmat, cara mengolahnya juga tidak sulit, hanya perlu menyediakan sebuah mesin blender.

Tahukah Anda, jus yang diolah menggunakan blender hakekatnya termasuk dalam kategori smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:
Minuman jus atau smoothies teksturnya kental, mengenyangkan dan berbentuk seperti bubur buah. Sedangkan minuman jus (juice) yang sebenarnya adalah sari buah, umumnya dibuat menggunakan alat bernama juicer.

Meskipun begitu, keduanya mempunyai khasiat kesehatan yang sama, hanya tidak sama dari segi bentuk dan tampilan saja. Tidak masalah apabila Anda menyebut smoothies dengan jus, toh penduduk Indonesia lebih mengenal sebutan nama tersebut.

Cara mudah Membuat Jus Buah Agar Rasanya Segar
Sebisa mungkin memilih komposisi buah yang masih segar agar rasa dan vitamin yang terkandung dapat diperoleh secara sempurna.

Jangan mengkombinasikan 2 bahan atau lebih dengan aroma yang keduanya sama menyengat atau tajam.

Agar tampilan jus lebih menarik, pakailah macam-macam variasi bahan yang beraneka warna. Contohnya jus (nama judul) dipadukan dengan jambu merah (buah jenis lain).

Baca juga  Cara Membuat Waffle Sederhana yang Renyah dan Crispy
Jangan ragu untuk menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus buatan Anda dikarenakan air tersebut bisa memperkaya cita rasa dan juga mengurangi bau menyengat pada bahan tertentu.

Air perasan jeruk nipis dapat membuat minuman jus menjadi lebih segar.

Tiga cara supaya jus menjadi lebih nikmat:
1) Campurkan es serut ke dalam blender bersama bahan yang lain
2) Gunakan air es yang dingin bukan air putih
3) Gunakan air putih lalu masukan potongan es batu di atas jus yang sudah jadi.

Jika memungkinkan, jangan tambahkan pemanis, susu kental manis maupun sirup karena dapat menghambat penyerapan vitamin oleh tubuh.

Namun jika mengharuskan, buatlah pemanis. Caranya rebus gula pasir menggunakan air dengan perbandingan 1:1. Pemanis gula lebih mudah larut dan bercampur dengan minuman jus daripada menggunakan gula pasir.

Setelah jadi, sebaiknya jus langsung diminum karena jika terlalu lama dibiarkan maka kandungan vitamin dalam jus akan rusak akibat udara dan ultraviolet, akibatnya cita rasanya tidak enak dan juga khasiat berkurang.

Waktu yang baik untuk mengkonsumsi minuman jus ialah sebelum makan supaya penyerapan zat-zat gizi yang terkandung dapat sempurna.

Ukuran jus untuk anak usia 6 bulan ke bawah baiknya tidak lebih dari 177 mili liter atau kurang dari 1 gelas standar per hari.

Bonus Tips
Apabila menggunakan juice extractor, pakailah hanya buahnya sedangkan bahan pendukung semisal air putih, susu, madu, sirup gula tidak usah dipakai. Anda dapat menambahkan es batu setelah sari buah keluar atau menyimpanya kedalam kulkas agar jus terjaga kesegaranya.

Kembali pada penjelasan awal, minuman jus adalah sari buah yang dibuat dengan cara memeras cairan di dalam buah tersebut.

Oleh karena yang dihasilkan adalah sari buah, perut akan terlepas dari rasa tidak nyaman atau eneg. Berbeda jika menggunakan blender, dimana yang diperoleh ialah bubur buah dengan bentuk kental dan membuat kenyang perut pasti akan jenuh bila terus mengkonsumsinya setiap hari.

Jalan keluarnya, gunakanlah kain tipis (kasa) atau saringan khusus untuk memisahkan minuman jus dengan buih maupun serat-serat buah yang tidak hancur dengan sempurna.

Baca juga  Meraup Keuntungan dengan Budidaya Cengkeh
Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus Apel Fuji:
1) Dua buah apel fuji yang sudah matang
2) 80 ml gula cair, air matang seperlunya
3) Es batu seperlunya
4) Mesin blender

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-jus-apel-fuji/

20 Resep Sosis Bakar Pilihan yang Cocok untuk Usaha Kuliner


Manfaat Mengonsumsi Sosis
Sosis yang terbuat dari daging sapi ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari sosis ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Karena sosis terbuat dari daging sapi yang digiling, maka sosis juga mengandung protein hewani yang berfungsi sebagai zat pembangun, sumber energi, dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.
Sosis juga mengandung B12 yang berfungsi untuk membantu mengatur sistem saraf, memproduksi energi, serta menjaga kesehatan jantung.
Bagi Anda yang menderita anemia, sosis baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi.
10 Jenis Sosis Bakar di Berbagai Dunia
Ternyata sosis bakar tidak hanya populer di Indonesia saja, di beberapa negara pun sosis bakar juga banyak digemari masyarakat. Mari kita intip sosis bakar yang berasal dari berbagai belahan dunia.

1. Sosis Loukaniko
Sosis bakar yang berasal dari Yunani ini terbuat dari daging babi dan memiliki cita rasa yang unik karena pada proses pengolahannya, sosis bakar ini menggunakan kulit jeruk, anggur, dan rempah-rempah lainnya. Sosis ini juga ada yang terbuat dari daging domba. Dalam penyajiannya, sosis Yunani ini disajikan bersama roti.

2. Sosis Cervelat
Sosis Cervelat ini merupakan sosis bakar khas Swiss. Sosis yang satu ini terbuat dari daging sapi. Sebelum dibakar, sosis ini diasapi terlebih dahulu kemudian direbus.

3. Sosis Longaniza
Sosis yang satu ini berasal dari Argentina. Teksturnya sedikit berbeda dengan sosis bakar pada umumnya. Sosis bakar ini kering dan biasanya disantap dengan sayuran.

4. Sosis Bockwurst
Sosis asal Jerman ini terbuat dari daging kalkun, domba, dan sapi sehingga teksturnya empuk. Bumbu yang digunakan untuk membakar sosis ini terdiri dari lada putih, garam, paprika, bawang, dan daun peterseli.

Sosis Bakar Jerman

5. Sosis Andouille
Sosis yang berasal dari Perancis ini terbuat dari jerohan dan rasanya kaya akan bumbu seperti bawang putih, lada hitam, dan paprika.

6. Sosis Rookworst
Sosis yang berasal dari negeri kincir, Belanda,  ini dibuat dengan melalui proses pengasapan. Sosis bakar ini biasa disajikan sup yang berisi kacang polong.

7. Sosis Knockwurst
Kali ini Anda bertemu dengan sosis bakar asal Jerman lagi. Sosis ini terbuat dari campuran daging babi dan sapi yang dibumbui dengan bawang putih.

8. Sosis Cotechino
Sosis yang berukuran besar ini berasal dari Italia. Sosis ini terbuat dari daging babi yang dibumbui dengan ketumbar dan beberapa rempah-rempah lainnya. Karena ukurannya yang besar, sosis ini disajikan dengan cara dipotong-potong.

9. Sosis Gyulai
Sosis yang berasal dari Hungaria ini dibuat dengan cara dikeringkan sehingga warnanya tampak lebih gelap daripada sosis pada umumnya. Sosis ini biasa disajikan dengan diiris tipis dan dimakan bersama roti.

10. Sosis Chorizo
Sosis yang satu ini berasal dari Meksiko. Sosis ini memiliki ciri khas pada warnanya yang merah. Hal ini karena sosis ini terbuat dari kelenjar daging sapi yang masih segar dan dibumbui dengan cabe, paprika, dan cuka kemudian dimasak dengan cara dipanaskan.

20 Resep Sosis Bakar Pilihan
Sosis bakar memang makanan yang sedap disantap setiap saat. Jika Anda bosan dengan bumbu sosis bakar yang monoton, berikut ini 20 resep sosis bakar yang mudah dan lezat.

Sosis Bakar Mayonnaise 
Bahan:
6 sosis sapi

3 sdm mayonaise

2 sdm saos sambal

Mentega

No comments:

Post a Comment

Tips Cara Membuat Jus Apel Fuji yang Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Jus Supaya Rasanya Enak, Lezat dan Nikmat Pada Saat Dikonsumsi Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuma...